Saturday, March 27, 2010

Siapa Sebenarnya Sosok Ki ageng Ngaliman??


Ketika sedang asik-asiknya berselancar di dunia maya, tiba-tiba saya tertarik pada satu tulisan yang memaparkan bahwa sosok yang sejauh ini sangat misterius di kalangan warga nganjuk pada khusunya, yaitu Ki ageng Ngaliman yang makamnya terletak di Desa Sawahan tak lain adalah Patih legendaris dari kerajaan majapahit yaitu Maha Patih gajah Mada.
Berikut uraian dari tulisan yang di publikasikan oleh www. nganjukkab.go.id :

Menguak Misteri Ki Ageng Ngaliman

Drs. Harmadi dan Drs. SW Warsito, M.Si adalah kakak beradik yang sejak muda sangat tertariki dengan sejarah . Ketika ditemui dirumahnya Jl. Wilis Kelurahan Ganung Kidul, keduanya mengaku sejak dibangku SMA hingga diperguruan tinggi terus menerus secara intens memperhatikan buku buku sejarah. Bahkan, ketertarikannya untuk menulis di mass media semakin menggebu. Sehingga sejak itulah beberapa karya tulisnya sempat menghiasi penerbitan Jawa Timur, termasuk majalah kampusnya.
Begitu pula ketika keduanya menjadi pegawai negeri sipil di jajaran Pemerintah Kabupaten Nganjuk, keduanya aktif mengisi terbitan tabloid dan majalah milik Pemkab Nganjuk, yaitu sejak adanya tabloid Transparan hingga Majalah Derap Anjuk Ladang.

Bahkan, ketika menjelang pensiun sekitar tahun 2007 keduanya semakin berkonsentrasi merampungkan karya tulisnya yang menguak misteri berupa wewaler Ki Ageng Ngliman. Buku itupun akhirnya terwujud dan sempat dilouncing tahun 2009 bekerjasama dengan Dinas Pariwisata, yang ketika itu bersamaan dengan rangkaian kegiatan Hari Jadi Nganjuk ke 1072.

Keduanya, mengaku untuk merampungkan karya tulis itu tidak lepas dari upaya perjalanan spiritual. Bahkan, mengaku untuk menguak dibalik misteri siapakah sebenarnya Ki Ageng Ngliman yang kini makamnya ada di Desa Ngliman Kecamatan Sawahantersebut, pihaknya merasa sudah mendapat ijin dari sosok tokoh yang bakal dimunculkan. Selain juga didasari atas penelusurannya serta buku-buku referensi sejarah yang dimilikinya. Oleh Karenanya, pada sampul bukunya tertulis kalimat "Sudah 650 tahun tidak pernah terungkap baru penulis ini yang dapat membongkar rahasia itu atas ijin yang bersangkutan tanpa mendapat bendu". Sebab, selama ini memang sudah berkembang kepercayaan yang ada dimasyarakat khususnya di Desa Ngliman bahwa siapa yang berani mengungkap jati diri yang dimakamkan di makam tersebut bakal mendapat celaka ( bendu-red).
Lalu, siapakah jati diri Ki Ageng Ngliman sebenarnya, menurut keduanya tidak lain adalah sosok pahlawan legendaris dari Kerajaan Mojopahit yaitu Maha Patih Gajah Mada.
Karena, kata Harmadi, pada jaman kerajaan dulu sudah biasa nama orang menggunakan nama binatang, seperti Lembu Suro, Kebo Macuet, Singo dan sebagainya. Sedangkan kata Liman itu adalah gajah, yang bukan berarti orangnya tinggi gemuk besar yang diibaratkan seperti gajah.
Tentang kebenarannya, keduanya terbuka terhadap kritik saran pendapat ke (0358) 321343 atau (0358) 321081 HP 08123267981.


Memang misteri yang satu ini sudah lama sekali, dan bahkan sudah menjadi mitos warga setempat, siapa yang mengungkap jati diri Ki Ageng Ngaliman akan mendapatkan Bendu (celaka ; red) seperti dalam tulisan diatas.
Lalu siapakah sebenarnya Beliau ini, dan benarkah demikian??
walloohu a'lamu

5 comments

Please No Spam and junk, we will remove it !!